Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Minggu, 05 Desember 2010

Latgab TNI Polri Bencana Alam Bogor


CIBINONG-Komando Resort Militer (Korem) 061/Surya Kencana, bekerjasama dengan pemerintah daerah (pemda) melakukan latihan gabungan (latgab) penanganan bencana alam, kemarin (26 Nov 2010)

Latgab kali ini, dilakukan di dua tempat berbeda. Yakni, di Gedung Kesenian untuk penyampaian materi. Dan, praktik di lapangan Tegar Beriman.

Para peserta, tampak bersemangat mengikuti setiap sesi pelatihan. Pada materi evakuasi, misalnya. Sekitar pukul 13:00, para peserta dilatih cara membawa korban yang sedang berada di dalam air maupun jurang.

Tak hanya itu, para instrukstur juga mengajarkan cara mengoperasikan perahu karet, yang biasa digunakan dalam berbagai penanganan bencana ataupun pencarian orang hilang.

Dandim 0621/ Kabupaten Bogor Letkol Inf Arif Gajahmada mengatakan, peserta yang hadir dari unsur TNI, Polri, Pemuda Panca Marga (PPM), Taruna Siaga Bencana (Tagana), TRC Satlak PB Kabupaten Bogor dan unsur masyarakat lainnya.

“Para peserta diberikan pengetahuan tanggap bencana agar mampu menangani berbagai bencana di daerah,” ucapnya usai memberikan materi di Gedung Kesenian Kabupaten Bogor.

Adapun materi pelatihan yang disampaikan kepada para peserta, lanjut dia, di antaranya, pemasangan tenda, evakuasi korban hingga pertolongan medis.

Sementara itu, Korlap Satlak PB Kabupaten Bogor Budi Aksomo, mengatakan, materi dan pelatihan yang diberikan, diharapkan dapat memotivasi para peserta menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, kata Budi, ilmu dan pengalaman dapat disalurkan kembali kepada masyarakat. “Sehingga, apabila terjadi bencana dapat segera ditangani dengan maksimal. Kita selalu siaga dan siap membantu selama 24 jam,” ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar