Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Jumat, 20 Agustus 2010

Pertempuran BOJONGKOKOSAN


pertempuran BOJONGKOKOSAN yang tidak terlalu di kenal dalam buku sejarah nasional ini rupanya berefek sangat besar baik bangsa indonesia maupun pihak sekutu.
peristiwa penyergapan tentara sekutu oleh para pejuang di desa BOJONGKOKOSAN rupanya memberi inspirasi dan menambah motivasi para pejuang di bandung dalam melawan tentara sekutu hingga akhirnya timbul perìstwa bersejarah lain nya yaitu BANDUNG LAUTAN API.
Sementara di inggris sana sebagai DEDENGKOT, tentara sekutu langsung terjadi kehebohan karena jumlah korban yang jatuh di pihak sekutu di anggap cukup besar dan salah satu yang tewas ada seorang perwira tinggi tentara kerajaan inggris.
terjadi perdebatan di parlemen inggris yang juga menarik perhatian dunia.
akhirnya inggris membalas perbuatan para pejuang tersebut dengan menugaskan angkatan udaranya untuk membombardir kawasan CIBADAK dan CISAAT.

Peristiwa memang kalah terkenal jika di bandingkan dengan peristiwa 10 november di SURABAYA namun bagi masyarakat sekitar kejadian tersebut lebih nyata karena masih ada beberapa orang yang mengalami langsung peristiwa tersebut yang tidak jemu-jemu menceritakan kembali kisah heroik tersebut kepada anak-anak muda.


Baca selengkapnya : Silahkan Klik Disini

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju sejumlah peristiwa sejarah di Indonesia dikenang atau dipublikasikan! Apa yang disebut dengan Indonesia berasal dari mimpi besar dan kerja besar! Wilayah hampir seluas Eropa ingin dipersatukan dari perpecahan sekaligus dibebaskan dari penjajahan. Terentang waktu yang panjang sekaligus peristiwa yang brutal untuk mewujudkan sesuatu yang bernama "Indonesia", sejak penaklukan Malaka oleh Portugis pada 1511 hingga Belanda hengkang dari Irian/Papua pada 1962. Jutaan orang tewas untuk meraih mimpi tersebut, termasuk 2 orang keluarga saya gugur di Front Karawang-Bekasi dan Front Jawa Tengah. Ini lebih baik dari pada merayakan hari/peristiwa/sejarah orang luar yang tidak terkait dengan riwayat Indonesia, semisal Valentine Day, Thanksgiving atau Halloween.

Wassalam,

Indra Ganie
Bintaro Jaya, Kabupaten Tangerang Selatan - Banten

Posting Komentar