Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Sabtu, 14 Agustus 2010

Agresi Belanda ke 2




AGRESSI KE II : 19 Desember 1948
Tanggal 19 Desember 1948, jam 06.45 pagi di atas lapangan terbang Maguwo Yogyakarta. Lampu hijau di pintu pesawat C-47 Dakota menyala dan dispatcher (pemberi izin) berteriak: GO...GO...GO...! Pendaratan udara dimulai. Setelah hiruk-pikuk di dalam pesawat saat melompat, pasukan Para ini mendengar tembakan perlawanan dari segala penjuru dari arah bawah. Penerjun ini hanya sebentar dan dilakukan secepat mungkin. Karena itu pasukan diterjunkan dari ketinggian 120 m.

Ini adalah awal dari penyerbuan Belanda atas Ibukota Republik Indonesia, kala itu Yogyakarta. Dengan maksud untuk menghapus keberadaan Republik Indonesia, sehingga Belanda akan kembali berkuasa di bumi Hindia Timur (Indonesia).

Aksi militer yang dikenal dengan Agresi Militer kedua ini (Agresi Militer pertama telah dilakukan Belanda tahun 1947, dengan menguasai sebagian besar Jawa Barat dan Jawa Timur serta sebagian Jawa Tengah), sudah direncanakan sejak Agresi Militer pertama sukses dilaksanakan. Paling tidak sejak Januari 1948 telah dibentuk satgas operasi, yang merencanakan aksi pendaratan udara ini. Dalam rencana Jenderal Spoor (Panglima Militer Belanda di Indonesia), kelompok penerjun payung memegang peranan penting, dan menurut stafnya penguasaan Jawa Tengah akan sukses hanya dengan penyerangan besar-besaran dari udara. Operasi tersebut diberi sandi "Operatie Kraai" (Operasi Burung Gagak).

0 komentar:

Posting Komentar